Mengenang Dan Mengenal Sejarah MAM Audio

Diposting oleh
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Index :

Apa itu MAM Audio dan mulai kapan ada?

Nama MAM Audio muncul antara tahun 2013-2014. MAM Audio awalnya adalah sebuah nama suatu forum grup facebook. Sedangkan kata MAM sendiri adalah nama pembuatnya "Muhammad Ali Muhsinin" yang disingkat menjadi "MAM".

Sebelum terjun ke dunia audio saya sudah hobi elektronika di segala bidang, dan waktu itu saya membuat grup khusus elektronika, saya kasih nama EKAB (Elektronik Karya Anak Bangsa). yg saya buat sebelum adanya MAM Audio (tahun berapa saya lupa).

Seiring berjalannya waktu saya semakin hobi ke audio, dan saya sering menciptakan rangkaian-rangkaian yang sederhana tapi targetnya harus bagus. Setelah lama terjun di dunia audio akhirnya saya membuat grup MAM Audio Production. Itu saya bangun tahun 2013, sejak membuat grup baru saya jadi jarang aktif di grup EKAB. Tapi karya saya masih diabadikan di album grup EKAB sampai sekarang.

Waktu terus berjalan akhirnya nama dan forum MAM Audio cukup digemari (entah apa kelebihan/keistimewaannya saya tidak tau) dan saya pun mulai berbisnis di sini.

Dengan kebijakan yang harus saya lakukan, maka KIT atau skema yang saya komersialkan tidak saya publikasikan skemanya, namun tetap saya buat skema yang menyerupai dan saya shere di grup. Namun bukan berarti yang di grup jelek dan yang komersial bagus, tentu tidak. Yang saya shere di grup merupakan sebuah pengembangan-pengembangan dari karya saya terdahulu. Dan yang saya komersialkan adalah hal-hal yang baru.

Produk-produk MAM Audio tidak termasuk karya yang sangat bagus, dan istimewa. Jadi jangan pernah merasa penasaran dengan apa yang saya buat. Ini semua adalah karya yang sangat biasa.

Sesuai yang dijelaskan di atas, nama MAM Audio muncul antara tahun 2013. Sedangkan makna dari MAM adalah singkatan dari nama perancang produk.

Sebelum nama "MAM" ini diresmikan, sempat menjadi konflik. Sebenarnya hanya konflik keluarga yang mudah sekali untuk diselesaikan. Dan benar saja, konflik ini bisa langsung diselesaikan dengan waktu yang sangat singkat.

Yang menjadi konflik ya nama itu sendiri. Sedangkan nama MAM Audio sudah dipublikasikan namun kakak saya menegur soal nama ini. Karena sebenarnya nama "MAM" ini justru mirip dengan nama kakak saya, yaitu Imam. Namun setelah lama berdiskusi akhirnya nama MAM Audio ini disetujui semua pihak. Dan nama "MAM Audio" diresmikan hingga saat ini.

Bagaimana Proses MAM Audio berkembang?

Soal meluasnya nama MAM Audio memang itu sedikit usaha saya, namun soal berkembangnya produk MAM Audio itu diluar rencana saya pribadi. Semua dalam ruang lingkup Kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Tidak sedikitpun usaha saya waktu itu untuk mengembangkan, hanya ada niat dan usaha untuk memperkenalkan saja.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari MAM Audio, baik dari segi nama, produk, komunitas. Jadi sekali lagi berkembangnya semua itu bukan usaha saya, tapi kehendak Tuhan.

Visi dan Misi

MAM Audio bukanlah mengkiblatkan Home Industri sebagai visi utama. Tapi lebih ke komunitas, itulah sebabnya saya pribadi lebih suka menyebut Keluarga Besar MAM sebagai nama figur. Siapapun yang menggunakan dan mengembangkan produk, khususnya yang berjasa terhadap MAM Audio saya anggap keluarga besar MAM.

Grub facebook "MAM Audio Production (skema & layout)" adalah tempat utama Keluarga Besar MAM berkumpul. Dan saat ini berubah nama menjadi MAMcorp Electronic.

Walaupun Tidak ada yang istimewa dari produk MAM Audio, tapi saya berusaha untuk membuat produk yang layak.
Mengingat Indonesia lebih didominasi masyarakat yang terjangkit virus selera saya merasa MAM Audio harus ada ditengah-tengah. Jadi harus mampu menembus dunia selera tapi tetap tidak melanggar ISO (International Organization for Standardization) dalam dunia Audio. Jadi produk harus menggunakan sistem yang standard.

Adakah Produk MAM Audio yang ngawur atau tidak memakai standard?

Jawabnya ada, yaitu produk-produk lawas. Bukan yang menggunakan komponen aktif TR saja, bahkan sebagian produk NewGen dahulunya masih ngawur. Contohnya adalah crossover 4 way NewGen (pra-xg), itulah salah satu crossover NewGen yang ngawur namun pernah digemari di jamannya. Entah karena waktu itu belum ada crossover rakitan atau memang orang awam masih belum memahami soal audio yang sebenarnya.

Namun kini sebagian produk MAM Audio sudah berada ditengah-tengah, antara standard dan virus (selera). Itu sebabnya slogan MAM Audio adalah "New Audio Generation Indonesia". Itu bukan berarti basic atau sistem yang digunakan adalah baru, tentu bukan seperti itu maknanya. tapi membawa masyarakat yang terjangkit virus selera ini bisa dan nyaman menggunakan produk dengan sistem standard.

MAM Audio berubah nama jadi MAMcorp

Dulu MAM Audio adalah nama industri sekaligus brand/merk produknya. Namun ada tahun 2020 Nama industri diganti menjadi MAMcorp, sedangkan MAM Audio tetap menjadi merk produk. Saat ini MAMcorp mempunyai 3 brand pada produk-produk Audionya, yaitu MAM Audio, NewGen dan PZM.

Ucapan terima kasih saya kepada yang berjasa kepada MAM Audio

Banyak sekali yang berjasa terhadap MAM Audio, khususnya cabang dan pengembang Produk MAM Audio.
Terima kasih kepada:

Juga terima kasih banyak kepada my assisten, yang membantu saya dan berjasa kepada MAM Audio khususnya saya pribadi:

Atas semua jasa yang diberikan Saya (pribadi) ucapkan ribuan terima kasih, teriring doa "Jaza kumullohu khoirotid dun-ya wal akhiroh" aamiin.

Share :
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Viewer : 799
User : 582