Polaritas Dioda, manakah yang benar anoda positif apa negatif?

Diposting oleh
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Baru-baru ini viral soal polariti Dioda. Sebuah postingan yang menampilkan lambang dioda dan polaritasnya di anggap sesat oleh sebagian komentator.

Seperti kita ketahui, Dioda adalah komponen aktif dua kutub yang pada umumnya bersifat semikonduktor. Yang mengalirkan arus listrik ke satu arah. Dan menghambat dari arah sebaliknya.

Perlu kita ketahui, nama-nama kaki dioda adalah anoda dan katoda bukan positif dan negatif. Penamaan kaki dioda dengan sebutan positif dan negatif cenderung akan menyesatkan atau menimbulkan kesalah fahaman.

Saya tidak akan menjelelaskan sangat detail soal dioda, tapi hanya saya jelaskan sistem kerjanya secara singkat. Dan ini hanya diperuntukkan bagi pemula saja (yang belum/sulit memahami). Bagi senior silakan dikoreksi.

Mari kita kembali lagi ke gambar di atas. Kaki anoda boleh disebut kutup positif (+) dan kaki katoda boleh disebut kutup negatif (-). Namun yang menjadi pertanyaan mereka adalah "Dalam praktek kok justru kaki katoda yang positif dan anoda negatif?".

 

Mari kita pelajari sistemnya, saat kaki anoda dialiri arus listrik AC maka dioda hanya meneruskan tegangan positif ke kaki katoda. Dan saat anoda dialiri arus DC positif maka dioda akan mengalirkannya ke katoda. Namun saat anoda dialiri arus DC negatif maka dioda tidak akan mengalirkannya ke katoda.

Dari sini harusnya sudah mulai faham, bahwa memang anoda boleh disebut kutup positif karena hanya mengalirkan arus positif ke katoda. Dan katoda pun boleh disebut kutup negatif karena hanya menerima arus lebih positif dari anoda.

Itulah sebabnya pada modul PSu katoda sebagai pin positif karena hanya meloloskan tegangan positif dari anoda.

Jika masih belum bisa memahami coba dibaca lagi, khususnya pada bgian teks yg tebal atau garis bawah. Atau anda juga bisa tanyakan di kolom komentar di bawah

 

Perlu diingat bahwa penyebutan kaki dioda sebagai positif dan negatif ini sebenarnya tidak bisa diterapkan dalam segala kondisi. Penyebutan dan teori di atas hanya berlaku pada dioda penyearah atau sebagai forward. Dalam praktek lain misalkan saat dioda bekerja reverse tentu teorinya lain lagi, bahkan beda.

Dioda sistem forward biasanya hanya dipakai pada power suplay sebagai penyearah.

Diedit pada 15 Feb 21, atas koreksi Danus Suprihadi (nama akun FB)

Share :
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Viewer : 940
User : 658